Beranda | Artikel
Shalat Amalan Yang Paling Utama - Hadits 1487-1491 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Senin, 18 September 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Shalat Amalan Yang Paling Utama – Hadits 1487-1491 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Kajian Islam Tentang Shalat Amalan Yang Paling Utama – Hadits 1487-1491 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1487

إِن أعظم النا س فر ية لرجل هجا ر جلا فهجا القبيلة بأسر ها ورجل انتفى من أية وزنى أمه

Sesungguhnya manusia yang paling besar kebohongannya yaitu seseorang yang mengejek orang lain lalu ia mengejek kabilah seluruhnya dan orang yang tidak menisbatkan diri kepada ayahnya dan orang yang berzina dengan ibunya

Hadits ini menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa seseorang mengejek satu orang tapi kemudian yang diejek adalah satu kabilah seluruhnya. Maka dari itu merupakan hal yang dilarang jika seseorang mengejek seseorang dengan mengikutkan semua kabilahnya. Hadits ini juga menunjukkan celaan kepada orang yang tidak mau menisbatkan diri kepada bapaknya.

Hadits 1488

Seseorang mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah perintahkan aku dengan sebuah perintah yang aku akan sungguh-sungguh dengan perintah tersebut”. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اعلم أنك لا تسجد لله سجدة إلا ر فمك الله بحا درجه وحط بها عنك خطيئة

Ketahuilah bahwa tidaklah kamu sujud dengan satu sujud kecuali Allah angkat dengan sujud tersebut satu derajat dan Allah gugurkan dengan sujud tersebut satu kesalahan

Faidah dari hadits di atas adalah bahwa wajib memberikan nasihat kepada orang yang meminta nasihat. Karena hal ini merupakan hak seorang muslim terhadap muslim yang lain.

Hadits ini juga menunjukkan keutamaan shalat. Bahwa setiap sujud yang kita sujud padanya, Allah akan angkat satu derajat dan Allah akan gugurkan satu kesalahan. Maka dari itu hadits ini menunjukkan anjuran untuk memperbanyak shalat. Shalat juga merupakan amalan yang paling utama di sisi Allah diantara amalan yang lain.

Hadits 1489

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أفضل العمل الصلا ة لو قتها، وبرالوالدين، والجهاد

Amal yang paling utama shalat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan berjihad

Dari hadits ini, kita dapat mengetahui bahwa amal itu mempunyai tingkatan-tingkatan. Tentu mengetahui tingkatan atau derajat ini sangatlah penting. Agar kita bisa mendahulukan mana yang paling penting. Jangan sampai kita membela yang penting tapi kita meninggalkan yang lebih penting.

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Shalat Amalan Yang Paling Utama – Hadits 1487-1491 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30195-shalat-amalan-yang-paling-utama-hadits-1487-1491-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-lc/